Macam-Macam Fitur Tersembunyi WhatsApp

Hallo sahabat blooger dimana pun kalian ada berada,semoga kalian sehat-sehat selalu ya....

Kali ini warlockmedia.blogspot.com ingin membahasa macam-macam fitur tersembunyi pada whatsapp.


   WhastsApp (WAmemiliki banyak fitur yang bisa digunakan penggunanya. Bahkan, setiap tahun anak perusahan Meta ini selalu menggulirkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman berkirim pesan.

Saking banyaknya fitur yang ia miliki, ada beberapa fitur yang tersembunyi di dalam WhatsApp yang bisa jadi belum diketahui pengguna WhatsApp pada umumnya. Fitur tersembunyi WhatsApp ini bukan sekadar gimmick, namun memang memiliki fungsi yang berguna bagi si pengguna nya.

Apa saja? Berikut inilah daftar fitur tersembunyi pada WhatsApp :

Daftar fitur tersembunyi WhastApp

1. Cara cepat hapus semua foto, GIF, video, pesan, dan stiker dari chat tertentu

kalian bisa menghapus file media: seperti foto, GIF, Video, dokumen, dan sebaginya untuk akun tertentu secara cepat. Tak perlu menelusuri riwayat chat dan menghapusnya satu per satu.

Untuk menghapus file media di chat tertentu dengan cepat, bisa kalian lakukan dengan cara buka menu setelan > penyimpanan dan data > kelola penyimpanan > pilih Contak > kelola > pilih > centang file yang ingin kalian hapus atau klik kotak "pilih semua" untuk menghapus semua file dalam satu waktu > klik ikon tempat sampah.


2. Cara mengetahui seberapa lama chat "dikacangin"

Terkadang kalian selalu menantikan balasan dari sebuah chat. Apalagi ketika isi chat terbilang cukup penting dan membutuhkan jawaban yang segera.

Anda bisa melihat, seberapa lama chat Anda "dikacangin" alias diabaikan oleh si penerima pesan tersebut, meski chat sudah dibaca dan belum di balas.

Begini caranya, pertama buka chat > lalu pilih kontak yang dikehendaki > tekan dan tahan chat yang dikirim > klik ikon huruf "i" untuk melihat info, sudah berapa lama pesan dibaca.


3. Balas chat di grup lewat "japri"

Saat percakapan dalam sebuah grup berlangsung, mungkin saja kita ingin merespons suatu chat secara "japri" alias lewat jaringan pribadi ke si pengirim pesan tersebut.

Alasannya sangat beragam, misalnya saja untuk menghindari ketersinggungan pihak lain atau isi tanggapan yang bersifat rahasia. Tak perlu keluar grup untuk merespons pesan secara pribadi.

Begini lah caranya, tekan dan tahan (press and hold) chat yang ingin ditanggapi secara pribadi > lalu kalian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas > dan setelah itu pilih opsi "balas secara pribadi".

Nantinya, Anda akan diarahkan ke kontak si pengirim tersebut, beserta chat yang ingin ditanggapi.


4. Cara mengecek seberapa banyak data yang digunakan untuk mengakses WhatsApp

Kita bisa mengecek seberapa banyak data yang kita gunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp, termasuk rincian data untuk menerima maupun mengirim pesan. Caranya ialah buka menu setelan > lalu penyimpanan dan data > penggunaan jaringan.

Nantinya akan muncul sebuah rincian seberapa banyak data yang kita gunakan selama mengakses aplikasi WhatsApp untuk membuat panggilan, mengirim dan menerima chattingan, file media, hingga membuat Status WA.


5. Cegah orang lain mengintip isi chat WA

Saat meminjamkan ponsel Anda ke orang lain, ada kalanya kita sempat khawatir apabila isi chat diintip(dibaca). Apalagi jika isi pesan itu cukup sensitif atau rahasia.

Untuk mencegahnya, kita bisa mengaktifkan fitur keamanan notifikasi agar chat yang baru masuk tidak muncul di layar ponsel(layar beranda).

Begini lah caranya, buka setelan > notifikasi > geser toggle ke kiri untuk menon-aktifkan opsi "gunakan notifikasi tingkat tinggi".


6. Unduh laporan informasi akun WhatsApp

Anda bisa melihat data apa saja yang disimpan oleh Meta selaku induk WhatsApp. Data tersebut berisi informasi serta pengaturan akun WhatsApp pengguna. Perlu diingat, laporan tersebut tidak menyertakan isi chat.

Begini lah caranya, buka setelan > akun > minta info akun > minta laporan. Informasi akun baru akan diberikan sekitar tiga hari setelah pengajuan.

Anda akan memiliki waktu beberapa minggu untuk mengunduh laporan setelah tersedia.


7. Pasang wallpaper khusus untuk kontak tertentu

Kalian bisa memasang wallpaper khusus untuk kontak tertentu di WhatsApp kalian.

Begini lah caranya ialah dengan buka tab chat > pilih kontak > klik ikon menu (tiga titik di pojok kanan atas) > wallpaper > klik ubah > pilih wallpaper yang tersedia atau ambil dari galeri.


Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda semua ya.

Terimakasih.......


Komentar

Postingan Populer